Selamat membaca

Sugeng rawuh wonten ing " Gigih Blog"

Sabtu, 24 November 2012

pancasila


TUGAS PANCASILA
“PERAN PANCASILA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR BIASA”
Dosen pengampu Rini Triastuti,S.H.,M.Hum.

 

Disusun oleh:
Gigih Malinda Puspitasari
K5112030

PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2012







BAB I
PENDAHULUAN
I. LATAR BELAKANG   
Generasi muda adalah generasi penerus perjuangan bangsa dan pemegang estafet kepemimpinan bangsa, karena itu perlu kiranya dalam diri pribadi mereka ditanamkan nilai-nilai budaya bangsa yang telah diyakini kebenarannya, diterima, diikuti, dibela dan diperjuangkan. Nilai yang dimaksud adalah yang terkandung dalam sila-sila Pancasila; yang meliputi nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan bangsa, kerakyatan dan keadilan. Tanpa ada proses sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, niscaya nilai-nilai luhur Pancasila tidak dikenalnya, bahkan diabaikannya. Bila hal ini dibiarkan, maka akibatnya dalam diri generasi. muda terjadi kegelisahan, kegalauan dan kegoyahan karena tidak mantapya kepribadian mereka
Kita sebagai mahasiswa sangat penting Untuk mengetahui seberapa penting mata kuliah pendidikan Pancasila bagi mahasiswa  khususnya pendidikan luar biasa. Melalui pendidikan Pancasila diharapkan nilai-nilai luhur Pancasila  tersebut tersosialisasi bahkan terinternalisasi dalam diri pribadi generasi muda, dan dalam diri mereka akan tumbuh sikap demokratis serta analitis kritis dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan dan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.kita sebagai mahasiswa pendidikan luar biasa harus tahu tentang hak dan kewajiban yang didapat sebagai warga Negara dan tujuan dari Pancasila.
II. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Pengertian Pancasila?
2.      Apa Tujuan Pendidikan Pancasila?
3.      Apa pentingnya Pancasila bagi mahasiswa Pendidikan Luar Biasa?
III. TUJUAN
1.      Untuk mengetahui Pengertian Pancasila
2.      Untuk mengetahui tujuan pendidikan pancasila
3.      Untuk mengetahui pentingnya pancasila bagi mahasiswa Pendidikan Luar Biasa


IV. MANFAAT
1.      Dapat mengetahui pengertian pancasila
2.      Dapat mengetahui tujuan pendidikan pancasila
3.      Dapat mengetahui pentingnya pancasila bagi mahasiswa Pendidikan Luar Biasa


























                                                                       
BAB II
PEMBAHASAN
I. Pengertian Pancasila
            Arti Pancasila berasal dari bahasa sansekerta India (kasta brahmana) sedangkan menurut Muh Yamin, dalam bahasa sansekerta , memiliki dua macam arti secara leksikal yaitu : panca : yang artinya lima, syila : vokal i pendek, yang artinya batu sendi, alas, atau dasar. Syiila vokal i panjang artinya peraturan tingkah laku yang baik atau penting.Kata kata tersebut kemudian dalam bahasa indonesia terutama bahasa jawa diartikan “susila” yang memiliki hubungan dengan moralitas. oleh karena itu secara etimologi kata “pancasila” yang dimaksud adalah istilah “pancasyila” dengan vokal i yang memiliki makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”. adapun istilah “pancasyiila” dengan huruf Dewanagari i bermakna “lima aturan tingkah laku yang penting”.
            Nilai-nilai pancasila secara intrinsik bersifat filosofis, dan di dalam kehidupan masyarakat indonesia nilai pancasila secara praktis merupakan filsafat hidup (pandangan hidup). nilai dan fungsi filsafat pancasila telah ada jauh sebelum indonesia merdeka. hal ini dibuktikan dengan sejarah majapahit (1293). pada waktu itu hindu dan budha hidup berdampingan dengan damai dalam satu kerajaan. Empu prapanca menulis “negara kertagama” (1365). dalam kitab tersebut telah terdapat istilah “pancasila”
empu tantular yang mengarang buku “sutasoma” yang di dalamnya memuat seloka yang berbunyi : “Bhineka Tunggal ika tan Hana Dharma Mangrua”, artinya walaupun berbeda namun satu jua adanya, sebab ada tidak agama yang memiliki Tuhan yang berbeda. Hal ini menunjukkan adanya realitas kehidupan agama pada saat itu, yaitu agama Hindu dan Budha. Bahkan salah satu kerajaan yang menjadi kekuasaannya yaitu pasai jutru telah memeluk agama islam.
Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai falsafah, ideologi, dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk
                                                                       
II. TUJUAN PENDIDIKAN PANCASILA
Dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang system Pendidikan Nasional dan juga termuat dalam SK Dirjen Dikti. No.38/DIKTI/Kep/2003, dijelaskan bahwa tujuan Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama, kebudayaan, dan beraneka ragam kepentingan, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran diarahkan pada perilaku yang mendukung upaya terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Tuuan pendidikan diartikan sebagai seperangkat tindakan intelektual penuh tanggung jawab berorientasi pada kompetensi mahasiswa pada bidang profesi masing-masing. Kompetensi lulusan pendidikan Pancasila adalah seperangkat tindakan intelektual, penuh tanggung jawab sebagai seorang warga negara dalam memecahkan berbagai masalah dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan menerapkan pemikiran yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Sifat intelektual tersebut tercermin pada kemahiran, ketepatan dan keberhasilan bertindak, sdangkan sifat penuh tanggung jawab diperlihatkan sebagai kebenaran tindakan ditilik dari aspek iptek, etika ataupun kepatutan agama serta budaya.
Pendidikan Pancasila bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan sikap dan perilaku :
1. Memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggungjawab sesuai dengan hati nuraninya.
2. Memiliki kemampuan untuk mengenali masalah hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya.
3. Mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
                                                                       
Melalui Pendidikan Pancasila, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu memahami, menganilisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

III. PENTINGNYA PANCASILA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR BIASA
 Sesuai dengan UU No. 28 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pancasila merupakan matakuliah yang wajib diberikan dalam pendidikan tinggi  Begitu juga Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 267/Dikti/Kep/2000 tentang Penyempurnaan Kurukulum Matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi, yang kemudian diperbaharui dengan SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.
Menurut UU diatas Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah yang wajib diberikan dalam pendidikan tinggi karena bukan saja sebagai alat untuk mempersatu bangsa, di lain pihak merupakan pendididkan moral tetap ke arah jenjang Perguruan Tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi, khususnya mahasiswa pendidikan luar biasa perlu dituntut untuk dapat bertindak secara bertanggung jawab. Dengan adanya pendidikan Pancasila Mahasiswa diharapkan mampu bertindak secara bertanggung jawab, selain itu Mahasiswa PLB jika bertindak tidak hanya bertindak atas dasar peraturan perundangan yang ada, melainkan menyadari bahwa tindakan yang dipilih memang merupakan tindakan yang bernilai.
Berkaitan dengan Peran Pancasila,menjadikan mahasiswa bertindak sesuai dengan Pancasila bukan hanya karena ditunjukkan bahwa Pancasila itu baik, melainkan karena telah mencerna dengan akalnya serta berkeyakinan bahwa Pancasila sungguh bernilai bagi dirinya dan diamalkan. Mahasiswa dapat memahami dan menghayati bahwa Pancasila sungguh-sungguh bernilai, dan akhirnya mendorong dirinya untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu pancasila yang menjadi sumber dan pedoman bangsa mengantarkan mahasiswa
                                                           
 PLB dapat mengembangkan kepribadiannya. Pendidikan Pancasila mewujudkan nilai-nilai dasar pancasila dan kesadaran berbangsa dan bernegara dan dapat menumbuhkan kepedulian mahasiswa. Rasa cinta tanah air merupakan salah satu unsur penting yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sebagai seorang warga negara. Dengan adanya rasa cinta tanah air, maka seorang mahasiswa Pendidikan luarbiasa akan rela berbuat bagi bangsa, termasuk dalam urusan membela Negara dan kelestarian sumber daya bangsa . Pendidikan pancasila juga bertujuan untuk menguasai kemampuan berfikir, bersikap rasional dan dinamis serta berpandangan luas sebagai manusia intelektual.

Sebagai mahasiswa Tugas anda semua adalah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mengambil peran dalam proses pembangunan untuk kemajuan bangsa kita di masa depan.salah satunya adalah mengamalkan pancasila sebagai peedoman yang REAL.
Tujuan Negara sudah di rumuskan dalam Pancasila dan UUD 1945, serta guna mencapai empat tujuan nasional kita, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan keertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial , peran  Pancasila disini adalah sebagai  pedoman bagi generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada suatu kaum, sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang sudah rusak moral dan perilakunya.
Peran penting Pancasila yang lain adalah. Pancasila memberikan pedoman-pedoman yang penting agar para mahasiswa PLB yang nantinya akan terjun ke dunia Pendidikan tidak tersesat baik dalam pengamalan ilmu yang tidak pada tempatnya, maupun pada tindakan-tindakan tidak terpuji dalam pengamalan ilmu, semisal menerima suap, atu melanggar HAM, dan lain-lain.
Dengan demikian, Pancasila mutlak diperlukan bagi Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa untuk menjadi pedomman dalam bertingkah laku.



                                                                                   

BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
            Pancasilai artinya peraturan tingkah laku yang baik atau penting. Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai falsafah, ideologi, dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk.
            Tujuan Pendidikan Pancasila mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari, yaitu perilaku yang memancarkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai golongan agama, kebudayaan, dan beraneka ragam kepentingan, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran diarahkan pada perilaku yang mendukung upaya terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
                Dari penjelasan diatas, dapat saya simpulkan bahwa pendidikan pancasila sangat penting bagi mahasiswa pendidikan luar biasa karena sebagai alat untuk mempersatu bangsa, menjadi sumber dan pedoman bangsa, membentuk moral yang baik, dapat menumbuhkan kepedulian, dll.







DAFTAR PUSTAKA
















                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar